mari berbagi ilmu dan pengetahuan

20/12/09

Cara Menyelamatkan Data dari Flash Disk yang Terinfeksi Virus

Saat flash disk kita terinfeksi oleh virus, seringkali kita tak dapat mengaksesnya melalui komputer. Padahal bisa saja data di dalamnya adalah data yang penting. Hal ini disebabkan karena komputer kita juga telah terinfeksi virus sehingga kita tidak bisa mengakses data-data dalam flash disk. Lalu bagaimana cara menyelamatkannya ? Berikut selengkapnya.

Karena Windows Explorer sudah tidak dapat bekerja lagi akibat virus maka kita harus menggunakan alternatif Windows Explorer untuk dapat mengakses flash disk. Kita menggunakan aplikasi bernama FreeCommander. Aplikasi ini dapat bekerja layaknya Windows Explorer bahkan fiturnya pun lebih lengkap. Di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyelamatkan data dari flash disk menggunakan FreeCommander.
Setelah kita membuka FreeCommander maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini. Lihatlah pada bagian atas, di sana tertera drive letter. Pilih drive letter yang sesuai dengan flash disk Anda. Nanti akan muncul segala file-file yang terdapat di dalam flash disk. Di sana Anda dapat menyalin data-data tersebut ke dalam komputer Anda. Itu sebabnya di sana disediakan 2 kolom, yaitu kolom sebelah kiri dan kolom sebelah kanan yang bertujuan agar proses pemindahan data dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
Sekedar tips, Anda pun juga dapat menghapus file virus melalui FreeCommander sehingga flash disk Anda bebas dari virus. Tetapi, tak ada salahnya bila Anda tetap menggunakan antivirus.
Aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk portable yang bisa dijalankan langsung tanpa proses instalasi. Versi portable kompatibel dengan flash disk yang memiliki platform U3 ataupun PortableApps. Untuk versi portable tanpa platform, silakan klik di sini.

http://infini3.co.cc/2009/03/02/cara-menyelamatkan-data-dari-flash-disk-yang-terinfeksi-virus/

0 komentar:

Posting Komentar