mari berbagi ilmu dan pengetahuan

05/02/10

6 jenis makanan anti bete


Boleh percaya boleh tidak, makanan dan minuman yang kita konsumsi ternyata membawa pengaruh pada suasana hati (mood) kita. Seseorang bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung makanan dan minuman yang ia konsumsi.
Direktur Pusat Promosi Kesehatan di John Hopkins School of Medicine, M Diane Becker MPH, ScD, mengatakan bahwa makanan yang baik bagi jantung adalah makanan berserat tinggi dan berlemak jenuh rendah yang juga mampu meningkatkan mood anda. Sedang makanan yang mengandung lemak tinggi dan high-glycemic dapat mengganggu kesehatan.

Nah, agar kondisi anda selalu mood ada baiknya anda mengetahui makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.
Berikut ini 6 jenis makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan mood anda menurut Webmd.com :

1. Mengandung vitamin B12 dan Folat

Vitamin B12 dan Folat dapat membantu cegah demensia (pikun) dan gangguan sistem saraf. Vitamin ini terdapat pada kacang – kacangan, cabai, brokoli dan daging.

2. Buah dan sayuran

Buah – buahan dan sayur – sayuran mengandung antioksidan yang secara langsung berkontribusi pada kesehatan dan kualitas hidup. Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran dengan jumlah 11% lebih tinggi memiliki kualitas hidup dan kesehatan jauh lebih baik.

3. Mengandung selenium

Selenium merupakan mineral yang bertindak layaknya antioksidan didalam tubuh. Konsumsi sekitar 55 mg sehari untuk laki – laki dan perempuan. Selenium terdapat pada kacang – kacangan khususnya kacang Brazil, daging, susu rendah lemak dan seafood seperti ikan, kerang dan keriting.

4. Perbanyak konsumsi ikan

Sebuah penelitian mengemukakan pria dan wanita yang biasa mengonsumsi ikan akan memiliki resiko depresi lebih rendah. Ikan yang disarankan adalah ikan salmon yang kaya omega 3 yang bisa memberikan efek positif pada suasana hati seseorang. Selain salmon yang juga bagus untuk dikonsumsi adalah ikan haring, ikan tuna dan rainbow trout.

5. Konsumsi vitamin D

Untuk mendapatkan vitamin D bisa dari makanan dan suplemen mulai dari ikan salmon, tuna, keju, hati sapi, sereal dan susu.

6. Coklat

Coklat memberi efek kepada endorfin otak dan baik untuk kesehatan. Berdasarkan sebuah penelitian di Belanda, coklat mampu menurunkan tingkat tekanan darah. Tetapi ini masih terbatas pada coklat tertentu saja.

Seperti disinggung diatas makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi tidak baik untuk kesehatan karena lemak jenuh mempunyai peran penting dalam terjadinya depresi, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Selain itu usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol sebab alkohol berpengaruh pada sel saraf manusia.

Catatan : selain kandungan gizi, kehalalannya pun harus mendapat perhatian. Baiknya halal zatnya maupun cara mendapatkannya.
- blog by http://bhuy.blogspot.com/ -

0 komentar:

Posting Komentar